Berita Terbaru :

Gagasan Diary Mengajar


Syaiful Bahri dan Aswan Zain (1997:194) menyatakan bahwa masalah pokok yang dihadapi guru, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman adalah pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pengajaran secara efisien dan memungkinkan mereka dapat belajar.
Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien, seorang guru perlu memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran.
Prinsip Umum Pembelajaran Meliputi :
a.       Prinsip Motivasi
Guru senantiasa memberikan motivasi kepada siswa agar tetap memiliki gairah dan semangat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
b.      Prinsip Latar / Konteks
Guru perlu mengenal siswa secara mendalam, menggunakan contoh, memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar, dan semaksimal mungkin menghindari pengulangan-pengulangan materi pengajaran yang sebenarnya tidak terlalu perlu bagi anak didik.
c.       Prinsip Keterarahan
Setiap akan melakukan kegiatan pembelajaran, guru hendaknya merumuskan tujuan secara jelas, menetapkan bahan dan alat yang sesuai serta mengembangkan strategi pembelajaran yang tepat.
d.      Prinsip Hubungan Sosial
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru perlu mengembangkan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, guru dengan siswa dan lingkungan, serta interaksi banyak arah.
e.       Prinsip Belajar Sambil Bekerja
Dalam kegiatan pembelajaran, guru hendaknya memberi kesempatan kepada anak didik untuk melakukan praktek atau percobaan atau menemukan sesuatu melalui pengamatan, penelitian, dsb.
f.        Prinsip Individualisasi
Guru perlu mengenal kemampuan awal dan karakteristik setiap anak secara mendalam, baik dari segi kemampuan maupun ktidakmampuannya dalam menyerap materi pelajaran. Kecepatan maupun kelambatannya dalam belajar, dan perilakunya, sehingga pada setiap kegiatan pembelajaran, masing-masing anak didik mendapat perhatian dan perlakuan yang sesuai.
g.       Prinsip Menemukan
Guru hendaknya mengembangkan strategi pembelajaran yang mampu memancing anak untuk terlibat secara aktif baik fisik, mental, sosial, dan / atau emosional.
h.      Prinsip Pemecahan Masalah
Guru hendaknya sering mengajukan berbagai persoalan / problem yang ada di lingkungan sekitar, dan anak dilatih untuk merumuskan, mencari data, menganalisis, dan memecahkannya sesuai dengan kemampuan.

Diary Mengajar
Diary mengajar adalah kumpulan catatan guru yang merangkum semua aktivitas mendidik dan mengajar, baik di dalam mapun di luar kelas, meliputi semua prinsip umum pengajaran. Ditulis dengan bahasa yang sederhana, sesuai dengan imajinasi tiap-tiap guru, dan tidak terikat dengan gaya bahasa yang baku.
Catatan ini dapat membantu guru apabila hendak menyusun penelitian yang lebih terstruktur seperti PTK. Sebagai bahan evaluasi diri (dinilai sendiri, jadi banyakin aja scorenya) sampai sejauh mana kemampuannya dalam menyampaikan materi. Bisa juga sebagai buku sejarah mendidik dan mengajar, siapa tahu puluhan atau ratusan tahun lagi menjadi rujukan penting bagi dunia pendidikan, seperti catatan perjalanan Ibnu Bathutah kali, aamiin.  

Dari mana memulai pengisian Diary Mengajar ?
  1. Waktu dan kompetensi
  2. Gambaran umum kesiapan mengajar
  3. Kondisi siswa
  4. Suasana KBM
  5. Problematika yang dihadapi
  6. Solusi yang diberikan
  7. Hasil yang dicapai

Menemukan infokator-indikator permasalahan
Diary mengajar bisa menjadi sarana yang mendewasakan dan membuat kita semakin matang dan bijaksana. Terampil menyelesaikan berbagai masalah yang ada sebab sudah terbiasa menghadapi, kemudian menuliskan dan memecahkan berbagai permasalahan di sekolah.
Mungkin disini dulu pengenalan tentang Diary Mengajar, mohon maaf belum melampirkan contohnya, ya mirip dengan diary–diary kita yang lain.
Share this Article on :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon saran dan kritiknya


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Seluruh kebaikan dari situs ini boleh disebarluaskan tanpa harus mengutip sumber aslinya, karena pahala hanya dari Allah | Dikelola oleh © SMK Al-Furqan Jember.