Berita Terbaru :

Membuat Sumber Link Ikut Terkopi Saat Dikopas

(www.smkalfurqan.com) Terkadang kita mencari referensi dari internet lalu menyimpannya begitu saja di dokumen pengolah kata seperti Microsoft Word. Baru saat dibuka kembali di rumah teringat kalau alamat sumbernya lupa tidak dicatat. Padahal bagi pelajar yang mengerjakan makalah atau mahasiswa yang menyelesaikan skripsi/thesis, sumber rujukan sangat penting. Selain untuk menunjukkan validitas juga untuk dapat dibuka kembali di lain waktu.

Berikut ini cara agar orang tetap dapat membaca alamat dari website blogger kita saat mereka mengkopi artikel-artikel di dalamnya.
  1. Cari kode </head>
  2. Dan copy kode dibawah ini diatas kode </head>
<script type='text/javascript'>function addLink() {var body_element = document.getElementsByTagName('body')[0];var selection;selection = window.getSelection();var pagelink = "<br/><br/>Sumber :<a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>SMK Al-Furqan Sekolah Berbasis Al-Quran dan Sunnah"; // Ganti bagian berwarna merah
var copytext = selection + pagelink;var newdiv = document.createElement('div');newdiv.style.position='absolute';newdiv.style.left='-99999px';body_element.appendChild(newdiv);newdiv.innerHTML = copytext;selection.selectAllChildren(newdiv);window.setTimeout(function() {body_element.removeChild(newdiv);},0);}document.oncopy = addLink;</script>
Catatan:
Kode yang berwarna MERAH bisa diganti dengan pesan apa saja. Nantinya setiap kali pengunjung mengkopi-paste akan muncul tulisan seperti gambar di bawah ini:
Ini hasil kopasnya

Ini sumber aslinya waktu mengkopas


Share this Article on :

3 comments:

Rusydi Hikmawan mengatakan...

nah ini penting. biar kebiasaan copas mesti dg sumbernya. kebiasaan guru2 copas sekarang sumber lupa diikutkan

Smk Al-Furqan mengatakan...

Mohon maaf sebelumnya ada ketikan yang nyambung antara "Ganti bagian berwarna merah" dengan "var copytext" (seharusnya dipisah). Terimakasih.

Rusydi Hikmawan mengatakan...

pantes gak bisa. soalnya sy gak ngerti baca html, pak. sekedar copas kalo ada tutorial begini.

Posting Komentar

Mohon saran dan kritiknya


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Seluruh kebaikan dari situs ini boleh disebarluaskan tanpa harus mengutip sumber aslinya, karena pahala hanya dari Allah | Dikelola oleh © SMK Al-Furqan Jember.