Berita Terbaru :

Bagaimana solusi mengatasi stres, pak Ustadz?

(www.smkalfurqan.com) Lanjutan dari posting bagaimana mengatasi stres, bu Guru?

OLAH RAGA SECARA RUTIN
Nggak mengira kan? olah raga adalah salah satu cara mengurangi stres, selain menyehatkan badan, juga bisa mengurangi stres yang disebabkan karena kelelahan, menurunnya daya tahan tubuh, merileks-kan otot, dan membantu untuk tidur yang berkualitas. Ingat, saat bekerja badan kita seringkali tidak capek karena aktivitas fisik melainkan aktifitas pikiran, sehingga boleh jadi malamnya akan sulit tidur.

MEMINIMALKAN STRES LINGKUNGAN
Pernah mencoba menaruh pot bunga di meja belajar? mengganti dekorasi rumah dan jendela? mengecat tembok dengan wallpaper alami? memelihara ikan di akuarium? Cobalah menghias rumah dan kantor/sekolahmu agar dimanapun kamu berada, kamu suka berlama-lama disana!

SHOLAT KHUSYU
Orang Barat mungkin akan memilih meditasi, atau hipnosis, tapi kamu punya cara yang paling mudah dan murah yakni dengan meresapi isi sholatmu, dengan menjiwai doa-doamu, dan bila itu belum bisa kamu lakukan, cobalah dengan memulai memperbanyak bacaan Islami, terutama Al-Qur'an dan Hadits. Karena stres itu soal pikiran, maka kamu perlu menjaga apa yang masuk dalam pikiranmu.

STOP!
Cara yang paling efektif dan cepat untuk mengusir pikiran buruk adalah dengan memerintahkan otakmu untuk berhenti memikirkan hal negatif tersebut dan mengalihkan ke pikiran yang lain. Katakanlah ta'awudz, "Audzubillahi minasy syaitonirrojiim" (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk). Lalu segera pikirkan hal-hal yang positif. Lakukanlah terus-menerus.

Selain pikiran, tubuhmu juga bisa dilatih. Sebagaimana saat melihat hal negatif. Misalnya melihat cewek yang terbuka aurotnya, maka palingkan wajahmu, tundukkan, dan katakanlah ta'awudz di atas. Mudah-mudahan kita bisa membangun kesadaran untuk membuang hal yang negatif.

TERAPI KOGNITIF
Kalau kamu mengenali apa masalah yang perlu diatasi, maka kamu juga akan bisa lebih mudah menemukan jalan keluarnya. Nah, mengenali masalah itu ternyata juga butuh ilmunya. Dalam ilmu terapi kamu bisa merancang tujuan hidup yang positif, sehingga mengurangi dampak masalah yang menimpamu. Masalah akan tetap ada, tapi kamu akan menjadi lebih kuat karena harapan-harapan positif yang kamu tekadkan.

Apa saja? Cari sendiri dulu ya!
Share this Article on :

0 comments:

Posting Komentar

Mohon saran dan kritiknya


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Seluruh kebaikan dari situs ini boleh disebarluaskan tanpa harus mengutip sumber aslinya, karena pahala hanya dari Allah | Dikelola oleh © SMK Al-Furqan Jember.